Menu Tutup

Seminar Nasional Kerjasama Naskah Kuno Nusantara II Tahun 2022

Seminar Nasional Kerjasama Naskah Kuno Nusantara II Tahun 2022 disampaikan oleh :1. Ahmad Budi Wahyono, SS (Pustakawan Perpustakaan Wilayah Jawa Tengah)
2. Totok Yasmiran, SS (Filolog dan Pegiat Naskah Kuno Museum Radya Pustaka)
3. Daryono, S.Sos, M.IP (Pustakawan Madya Perpustakaan UNS)
4. Sugeng Widaryatno, S.IP. (Moderator / Pustakawan UNS)

Peserta yang mewakili Institut Agama Islam Negeri Ponorogo adalah Mujiati, ME pustakawan ahli muda. Kehadiran pustakawan ini diharapkan terjalin kerjasama dari perpustakaan untuk menghimpun dan melestarikan naskah kuno, minimal didigitalkan. Namun alangkah lebih baiknya apabila menyimpan bentuk fisiknya.  Karena kalau bentuk fisiknya tidak dilestarikan maka kebudayaan yang ada dinusantara akan punah. Seperti misalnya rujukan obat-obatan tradisional, sejarah terbentuknya Indonesia, sejarah awal mula masuknya agama islam di nusantara. Namun ada kendala yang ada yaitu biasanya susah di dapatkan naskah kuno karena yang  punya mematok harga tinggi atau terkadang ada kekhawatiran akan sesuatu rahasia dalam tulisan naskah kuno itu akan terbongkar dimana suatu rahasia itu mempunyai nilai jual dan historis yang tinggi.

Pelaksanaan seminar ini sudah bagus. Sudah ada iktikat baik dari perpustakaan UNS untuk melestarikan kebudayaan dan warisan leluhur melalui pembukaan jejaring Kerjasama pengumpulan naskah kuno. Setelah terkumpul nanti akan di bentuk “Naskah-Kuno One Search” sehingga generasi penerus bangsa dapat belajar sejarah untuk kebaikan yang akan datang melalui pembelajaran naskah kuno. Namun di sisi lain perlu dukungan dari pemerintah selaku pengambil kebijakan serta peran serta masyarakat terutama keluarga pemilik naskah kuno untuk menyerahkan fisik nya atau minimal bersedia berbagi konten / isi dari naskah kuno yang ada untuk pembelajaran sepanjang hayat warga negara Indonesia.