Menu Tutup

PUSTAKAWAN MENGEMBANGKAN DIRI DAN PROFESI MELALUI MENULIS

Bagi pustakawan, menulis merupakan tuntutan untuk mengembangkan diri melalui beberapa tugas pokok dan fungsi. Berdasarkan peraturan kepala perpustakaan nasional Republik Indonesia nomor 11 tahun 2015 tentang petunjuk teknis jabatan fungsional pustakawan dan angka kreditnya dalam rincian kegiatan jabatan fungsional pustakawan ketrampilan pada butir 5 mengenai pengembangan profesi, disebutkan bahwa salah satu unsur utama dari pustakawan adalah pembuatan karya tulis/karya ilmiah di bidang kepustakawanan. Profesi pustakawan dengan butir-butir kegiatan kepustakawanan telah sangat jelas menuntun pustakawan untuk menyukai aktivitas menulis.

Eny Supriati, M. Pd. adalah Pustakawan Ahli Muda IAIN Ponorogo yang juga terus belajar dan berupaya untuk mengembangkan diri melalui menulis. Eny Supriati menerbitkan sebuah buku sebagai karya bidang perpustakaan yang bisa menambah wawasan dan pengetahuan secara teori di bidang perpustakaan. Beberapa karya buku Eny diantaranya: (1) “Literasi di Era Digital: Potret Tata Kelola dan Manajemen Perpustakaan Sekolah” (2020), (2) Antologi “Percikan Pemikiran Intelektual Muda IAIN Ponorogo” (2020), dan (3) Antologi “ISU-ISU KONTEPORER Dalam Pendidikan, Ekonomi, dan Hukum” (2021).

 

 

 

 

Dengan menulis diharapkan pustakawan juga dapat mewujudkan “masyarakat berpengetahuan”. Marilah terus belajar menulis supaya bisa menyebarkan ilmu dan pengetahuan yang berkualitas ke masyarakat.