Menu Tutup

PENGUATAN KELEMBAGAAN PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM (PTKI)

  Selasa, 02 Agustus 2022. Kepala Perpustakaan IAIN Ponorogo Alwan Wibawanto, S.Th.I., M.E., mengikuti Seminar Nasional dengan tema “Penguatan Kelembagaan Perpustakaan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) yang diselenggarakan oleh Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya bekerjasama dengan Asosiasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam (APPTIS) Jawa Timur. Bertempat di Gedung Twin Towers A Lantai 9, UIN Sunan Ampel Surabaya Jalan Jend. Ahmad Yani 117 Surabaya.

  Bersama Eny Supriati, S.IP., M.Pd., Pustakawan Ahli Muda, Kepala Perpustakaan  IAIN Ponorogo mengikuti kegiatan seminar sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dan kualitas SDM dalam hal pengembangan inovasi-inovasi layanan perpustakaan. 

       Dalam   sambutan   pembukaan  acara,

Kepala Perpustakaan UINSA Prof. Dr. Hj. Evi Fatimatur Rusydiyah, M.Ag. menyampaikan pentingnya pustakawan untuk mengembangkan diri dalam kegiatan-kegiatan ilmiah. Pustakawan yang selama ini menjadi tempat sharing terkait penyediaan referensi-referensi ilmiah bagi dosen dan mahasiswa, kini pustakawan juga harus memikirkan pengembangan dirinya dalam kegiatan riset dan publish karya ilmiah.

   Rektor UIN Surabaya, Prof. Akhmad Muzakki, M. Ag., Grad. Dip. SEA, M.Phil, Ph. D. dalam pengarahannya menyampaikan bahwa pada era networking ini, perpustakaan perlu melakukan pengembangan jejaring demi kepentingan kelembagaan. Untuk itu pentingnya akreditasi perpustakaan merupakan bentuk dari penjaminan mutu perguruan tinggi yang akan memberikan kontribusi baik kepada lembaga.

    Sebagaimana marwah perpustakaan yakni tradisi khas peradaban islam istilah perpustakaan “maktabah” mengartikan bahwa perpustakaan bukan hanya sekedar kumpulan koleksi material, tetapi perpustakaan lebih kepada ruang dimana untuk melakukan dan memproduksi kepentingan manusia. Perpustakaan menjadi sentrum penting kelembagaan  yakni  sebagai  information  center, 

dimana di Perpustakaan bisa menjadi tempat memproduksi ide-ide dan gagasan keilmuan. Oleh karena itu melalui kegiatana ini, penting dilakukan penguatan-penguatan perpustakaan dan inovasi layanan perpustakaan.

      Kemudian Mufid, S.SAg., M.Hum Ketua APPTIS Jawa Timur, menyampaikan tindak lanjut program kerjasama APPTIS Jawa Timur, yang akan juga melakukan kerjasama dengan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS), sehingga keberadaan Perguruan Tinggi Islam Negeri yang tergabung melalui forum APPTIS bisa memberikan kontribusi dan kemanfaatan bagi perguruan tinggi swasta yang ada di Jawa Timur.

     Hadir    pada    acara    seminar   ini   dua 

narasumber yang handal yakni, Agus Rifai, SS., M.Ag., Ph. D. Asesor Akreditasi Perpustakaan Nasional, dan Sugeng Ariyadi, M.M. Asesor Akreditasi Perpustakaan Provinsi Jawa Timur. Perpustakaan kini telah berkembang dari layanan sirkulasi menjadi layanan konsultasi sirculation to consultation. Kemudian bagaimana perpustakaan bisa menjadi information connector bisa mengkoneksikan sumber-sumber yang ada di luar perpustakaan kepada pengguna.

       Melalui penandatanganan MOA antara PTKI dan UINSA, semoga kegiatan ini bisa menambah kerjasama yang baik dalam peningkatan kualitas SDM dan kualitas inovasi layanan lembaga Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam di Jawa Timur.